Museum Angkut merupakan sebuah destinasi wisata pertama dalam Asia Tenggara dengan konsep mengusung tentang alat transportasi. Museum yang telak dibuka untuk umum tanggal 9 Maret 2014 ini banyak memiliki koleksi alat transportasi, mulai yang masih tradisional atau belum menggunakan mesin misalnya becak, dokar, pedati serta sepeda onthel sampai kendaraan modern yang sekarang telah menggunakan listrik untuk beroperasi.

Untuk total luas area Museum Angkut di Malang ini adalah sekitar 3.7 hektar serta dibagi menjadi banyak zona, beriku adalah daftar zonanya:

Zona Hall Utama, Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa & Batavia, Zona Gangster Town & Broadway Stree, Zona Eropa, Zona Istana Buckingham, Zona Las Vegas, Zona Hollywood, Zona Flight Training, Zona Pasar Apung dan Zona D’topeng Kingdom.

Alamat objek wisata Museum Angkut berada di Jl.Terusan Sultan Agung Atas No.2, Wisata Batu, Malang. Untuk Anda yang ingin mengakses jalan untuk ke Museum Angkut ini, telah dirangkum untuk Anda rute apa saja yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke destinasi wisata ini.

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum, mulai arah manapun, berangkatlah ke terminal Batu > mulai dari terminal Batu, Anda dapat memakai Angkutan dengan warna merah jingga khusus jurusan Batu – Selecta – Sumberbrantas.

Jika anda berangkat dari kota Malang, silahkan belok kiri di Jl. Imam Bonjol Bawah (arah kanan Matahari-Lippo Plaza) > Saat Anda sampai di depannya Jatim Park 1, berjalanlah lurus sampai Anda menemui lokasi dari Museum Angkut yang terletak di pojok perempatan jalan lampu merah disana.

Museum Angkut dibuka untuk setiap harinya mulai jam 12:00 sampai 20:00 wib. Tapi, untuk loketnya sendiri telah dibuka mulai jam 11.00 serta telah ditutup sekitar jam 19.30 wib.

Harga Tiket Masuk
Senin s/d Jumat (Weekdays) sebesar Rp.70.000,-
Sabtu s/d Minggu (Weekends) sebesar Rp.80.000,-
Orang dengan tinggi badan 85 cm ke atas akan dikenakan tiket penuh. Kalau Anda ingin ke museum D Topeng, bisa Anda berkunjung dengan hanya perlu menambah tiket masuk sebanyak Rp.10.000,-

Selain membayar tiket masuk, Anda diharuskan untuk membeli tiket kamera dengan harga Rp.30.000,-per kamera kalau Anda membawa kamera dengan jenis DSLR, Handycam, Polaroid , Kamera Digital dan jenis lainnya kecuali Handphone.

Aktivitas wisata yang dapat anda nikmati di Museum Angkut, anda dapat melihat banyak koleksi macam angkutan mulai yang sangat tradisional hingga sekarang modern.

Bisa berfoto menggunakan latar belakang landmark dari berbagai Negara populer.

Kalau Anda datang saat hari Sabtu Minggu, Anda bisa menikmati parade superhero diadakan sekitar  pukul 17.00 dari Batman, Superman sampai Freddie yang akan menaiki mobil unik serta bisa diajak foto bersama.

Kemudian yang lebih menarik di museum Angkut Malang ini ada pada bagian permainan yang interaktif, seperti dimana-anak-anak bisa naik mobil yang ada dalam area khusus pameran mobil.

Di sekitar Museum Angkut, Anda bisa menemui beberapa rumah makan misal the Batu Villas Resto atau Ketan Legenda Batu serta lainnya. Sedangkan dalam area Museum ini, Anda bisa menemui Warung Apung yang akan menjajakan beragam makanan tradisional. Bisa juga naik sampan di sungai, gratis jika  mendayung sendiri dan jika ingin didayungkan akan membayar Rp. 10.000.


source:
http://www.lihat.co.id/wisata
http://www.museumangkut.com