Air Terjun Sumber Pitu, berada di wilayah Desa Duwetkrajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Untuk bisa sampai sini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Dari pasar tumpang, kamu bisa mengambil arah ke kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sampai di Desa Wringinanom Kec. Poncokusumo kemudian kamu belok ke kiri dan masuk kawasan Desa Duwetkrajan. Sampai di Balai Desa Duwetkrajankamu bisa memarkirkna kendaraanmu dan kemudian melanjutkan perjalannan dengan cara berjalanan kaki. Karena tidak di mungkinkannya kamu kendaraan bermotor buat masuk sampai air terjun ini.

Selama perjalanan trekking ini, kamu akan disuguhi pemandangan yang eksotik. Antara lain adalah pemandangan perbukitan yang banyak ditanami apel milik warga, lahan sayur-sayuran, tebing dan bebatuan yang sangat memukau. kamu juga akan melewati sungai yang jernih dengan beberapa air terjun kecil di sepanjang perjalanan. Dan jika kamu beruntung, nanti akan bisa menemukan beberapa monyet berkeliaran di sepanjang jalan.

Air di sumber pitu ini berasal dari mata air yang muncul di tujuh titik yang hampir berdekatan. Uniknya, mata air ini berada di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung menyembur sebagai air terjun yang jumlahnya sangat banyak. Debit sumber air di Sumber Pitu mencapai 1.600 L/detik. Mengingat banyaknya sumber dan debit air yang keluar tersebut, kemungkinan mata air ini adalah sebuah sungai di bawah tanah. Masyarakat setempat percaya bahwa Sumber Pitu masih ada hubungannya dengan Gunung Bromo. Air terjun ini sering digunakan masyarakat dari luar desa sebagai tempat ritual.

Tidak hanya itu, sebelum kita sampai di lokasi air terjun sumber pitu, juga terdapat satu aliran coban atau air terjun laiinya. Letaknya berada di bagian bawah dan dinamai Coban Tunggal. Alirannya yang deras dan besar terlihat dari jalan setapak. Begitu mencapai titik air terjun di bagian depan ini, tinggal menoleh ke kiri maka menemui Coban Sumber Pitu. Aliran dari Coban Tunggal ini jaraknya sekitar 150 meter dari Sumber Pitu yang kemudian akan bertemu pada aliran sungai yang sama. Inilah yang disebut air terjun di titik ketiga.

Di depan Coban Sumber Pitu terdapat sebuah batang pohon berusia puluhan tahun yang telah tumbang. Akarnya terangkat ke atas. Dari titik ini juga merupakan tempat pengambilan foto yang menawan. Perpaduan antara keindahan, kedamaian, tantangan, serta panorama yang ada di Sumber Pitu sungguh memikat pengunjung yang datang. Tujuh air terjun setinggi sekitar 70 meter di tengah hutan melahirkan pesona luar biasa. Di dekat sumber ada hamparan rumput lebat yang bisa digunakan untuk bersantai. Untuk masuk tempat wisata ini gratis alias tidak dipungut biaya.

 

source:
http://www.telusurindonesia.com